Jumat, 28 Februari 2014

Supplemental Restraint System (SRS)

Penting untuk Supplemental Restraint System (SRS)
Bagian Supplemental Restraint System (SRS) berisi informasi penting tentang airbag depan untuk pengemudi dan penumpang depan, airbag samping dan sabuk keselamatan pretensioner.

Sistem airbag depan (Jika dilengkapi)
Sistem ini dapat membantu meredam daya benturan ke area kepala dan dada dari pengemudi dan/atau penumpang depan pada saat terjadi benturan frontal. Airbag depan didesain untuk mengembang di bagian depan tempat kendaraan mengalami benturan.

Sistem airbag samping (jika dilengkapi)
Sistem ini dapat membantu meredam daya benturan ke area dada dari pengemudi dan penumpang depan pada tabrakan/saat terjadi benturan samping. Airbag samping di desain untuk mengembang dibagian samping tempat kendaraan mengalami benturan.

SRS di desain untuk menambah perlindungan yang diberikan oleh sabuk keselamatan pengemudi dan penumpang dan bukan di desain untuk menggantikan sabuk keselamatan. SRS dapat membantu melindungi nyawa penumpang dan mengurangi resiko cedera parah. Namun, airbag yang mengembang dapat mengakibatkan luka gesekan atau cedera lain. Airbag tidak memberikan perlindungan untuk tubuh bagian bawah. Sabuk keselamatan harus selalu dikenakan dengan benar dan penumpang harus selalu duduk dengan jarak yang cukup dari roda kemudi, panel instrumen, dan trim pintu. Airbag mengembang dengan cepat untuk membantu melindungi penumpang. Daya pengembangan airbag dapat meningkatkan resiko cedera jika penumpang duduk terlalu dekat atau menempel dengan modul airbag selama airbag mengembang.
Airbag akan mengempis dengan cepat setelah mengembang.

Supplemental Restraint System (SRS) akan beroperasi hanya jika switch pengapian berada di posisi "ON" atau "START"
Jika switch pengapian berada di posisi ON lampu peringatan airbag SRS akan menyala selama sekitar 7 detik dan kemudian padam. Ini berarti SRS beroperasi dengan baik.

PERINGATAN!!
  • Airbag depan biasanya tidak akan mengembang saat terjadi tabrakan samping, tabrakan belakang, kendaraan terguling atau tabrakan frontal yang tidak terlalu parah. Kenakan selalu sabuk keselamatan untuk mengurangi resiko atau tingkat keparahan cedera saat kecelakaan.
  • Sabuk keselamatan dan airbag depan akan sangat efektif jika anda duduk dengan tegak dan bersandar dengan benar ke tempat duduk. Airbag depan mengembang dengan kekuatan besar. Jika penumpang tidak mengenakan sabuk keselamatan, bersandar kedepan, duduk menyamping atau berada diluar posisi tempat duduk, resiko anda dan penumpang mengalami cedera atau kematian akan sangat besar. Anda dan penumpang mungkin juga menerima cedera serius atau fatal dari airbag depan jika anda bersandar di airbag depan saat airbag mengembang. Duduklah selalu sambil bersandar di sandaran punggung dan sejauh mungkin dari roda kemudi atau panel instrumen. gunakan selalu sabuk keselamatan.
  
 Perhatian

  • Jangan biarkan anak berkendara tanpa mengenakan sabuk keselamatan atau mengeluarkan tangan dan wajah mereka di jendela. Jangan coba memangku atau menggendong mereka. Beberapa contoh posisi berbahaya dapat dilihat pada gambar.
  • Anak - anak dapat mengalami cedera parah atau kematian saat airbag mengembang jika mereka tidak dilindungi dengan benar.
  • Jangan pernah memasang sistem pengamanan anak yang menghadap ke belakang di tempat duduk depan. Airbag depan yang mengembang dapat menimbulkan cedera serius atau kematian pada anak anda.
  

Perhatian
  • Airbag samping biasanya tidak akan mengembang saat terjadi tabrakan depan, tabrakan belakang, kendaraan terguling, atau tabrakan samping yang tidak terlalu parah. Kenakan selalu sabuk keselamatan untuk mengurangi resiko atau tingkat keparahan cedera saat kecelakaan.
  • Sabuk keselamatan dan airbag akan sangat efektif jika anda duduk dengan tegak dan bersandar dengan benar ke tempat duduk. Airbag samping mengembang dengan kekuatan besar, jika andan dan penumpang tidak mengenakan sabuk keselamatan, bersandar kedepan, duduk menyamping atau berada diluar posisi tempat duduk, resiko anda dan penumpang mengalami cedera atau kematian akan menjadi sangat besar.
  • Jangan biarkan orang meletakkan tangan, kaki, atau wajah mereka di dekat airbag samping diarea panel atap samping. Jangan biarkan penumpang yang duduk didepan atau belakang untuk mengeluarkan tangan mereka dari jendela atau bersandar ke pintu. Beberapa contoh posisi berkendara yang berbahaya dapat dilihat di gambar.
  • Saat duduk di tempat duduk belakang, jangan berpegangan pada sandaran punggung tempat duduk depan. Jika airbag samping mengembang, anda akan dapat cedera serius. Berikan perhatian khusus pada anak-anak yang harus selalu menggunakan sistem pengamanan yang benar.
  • Jangan menggunakan sarung tempat duduk pada sandaran punggung karena dapat mengganggu proses pengembangan airbag samping.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar