Senin, 03 Februari 2014

Petunjuk penggunaan sabuk keselamatan Nissan Grand Livina 1.8XV

Jika anda menggunakan sabuk keselamatan yang disetel dengan benar dan duduk dengan tegak serta bersandar ke tempat duduk, resiko anda mengalami cedera atau kematian saat terjadi kecelakaan dan/atau tingkat keparahan cedera akan sangat berkurang. Nissan sangat menyarankan anda dan semua penumpang di kendaraan untuk mengenakan sabuk keselamatan setiap kali berkendara. Meskipun posisi tempat duduk anda sudah dilengkapi dengan sistem airbag.

  • Sabuk keselamatan didesain untuk menahan struktur tulang pada tubuh, dan harus dikenakan rendah melintasi bagian depan panggul atau panggul, dada, dan bahu, jangan mengenakan sabuk bagian bawah diarea perut. Cedera parah dapat terjadi jika sabuk keselamatan tidak dikenakan dengan benar.
  • Posisikan sabuk bagian bawah serendah dan serapat mungkin disekeliling pinggul, bukan pinggang. Sabuk bagian bawah yang dikenakan terlalu tinggi akan meningkatkan resiko cedera saat terjadi kecelakaan.
  • Jangan perbolehkan lebih dari satu orang menggunakan sabuk keselamatan yang sama. Setiap unit sabuk hanya boleh digunakan oleh satu penumpang; sangat berbahaya untuk mengenakan sabuk ditubuh anak yang sedang duduk di pangkuan penumpang.
  • Jangan membawa penumpang dikendaraan melebihi jumlah sabuk keselamatan yang ada.
  • Jangan pernah mengenakan sabuk keselamatan secara terbalik. Sabuk tidak boleh terpilin saat dikenakan. Jika ini terjadu keefektifan sabuk akan berkurang.
  • Sabuk keselamatan harus di setel seerat mungkin, dengan tetap memperhatikan kenyamanan, untuk memberikan perlindungan sesuai fungsi desainnya. Sabuk yang kendur akan sangat mengurangi perlindungan yang diberikan kepada penggunanya.
  • Setiap orang yang mengemudi atau berkendara harus menggunakan sabuk keselamatan selama perjalanan. Anak-anak harus duduk dan mengenakan sabuk keselamatan dengan benar di tempat duduk belakang, dan jika perlu menggunakan sistem pengaman anak.
  • Jangan kenakan sabuk dibelakang punggung, anda atau dibawah lengan anda. Arahkan selalu sabuk bagian atas diatas bahu dan melintasu dada anda. sabuk tidak boleh mengenai muka dan leher anda. Cedera serius dapat terjadi jika sabuk keselamatan tidak dikenakan dengan benar.
  • Pengguna tidak boleh melakukan modifikasi atau penambahan yang dapat menghambat proses pengencangan sabuk keselamatan ke tubuh pengguna.
  • Rawat sabuk agar tidak terkena bahan pemoles, oli dan bahan kimia, terutama asam baterai. Sabuk dapat dibersihkan dengan aman menggunakan sabun lembut dan air. Sabuk harus diganti jika sudah tipis, terkoyak, kotor atau rusak.
  • Unit sabuk harus diganti secara menyeluruh setelah sabuk digunakan saat terjadi tabrakan parah, meskipun jika unit sabuk hanya mengalami sedikit kerusakan.
  • Semua unit sabuk keselamatan, termasuk retraktor dan unit penahan harus diperiksa oleh dealer NISSAN setelah tabrakan. Nissan merekomendasikan untuk mengganti semua unit sabuk keselamatan yang digunakan saat terjadinya tabrakan, kecuali jika tabrakannya ringan dan sabuk tidak mengalami kerusakan dan tetap dapat berfungsi dengan optimal. Unit sabuk keselamatan yang tidak digunakan saat tabrakan juga harus diperiksa dan jika perlu diganti jika mengalami kerusakan atau tidak lagi berfungsi optimal.
  • Anda tidak dapat menggunakan lagi pretensioner sabuk keselamatan yang sudah diaktifkan. Pretensioner harus diganti bersama dengan retraktor sabuk.
  • Pembongkaran dan pemasangan komponen sistem pretensioner sabuk keselamatan harus dilakukan oleh dealer NISSAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar