Senin, 26 Mei 2014

Lampu Peringatan atau Indikator dan Peringatan Suara



# Memeriksa Bola Lampu
Saat semua pintu tertutup, pasang rem tangan, kencangkan sabuk keselamatan dan putar switch pengapian ke posisi "ON" tanpa menstarter mesin.
Lampu yang akan menyala :
  • Lampu peringatan Rem
  • Lampu peringatan pengisian baterai
  • Lampu peringatan tekanan oli mesin
  • Lampu Indikator gangguan fungsi (MIL)
  • Lampu peringatan power steering elektris
  • Lampu peringatan suhu rendah (biru)
Jika tersedia lampu-lampu berikut akan menyala sebentar kemudian padam :
  • Lampu peringatan anti lock braking system (ABS)
  • Lampu peringatan suhu tinggi (merah)
  • Lampu peringatan kunci intelegent key
  • Lampu peringatan sistem intelegent key
  • Lampu indikator overdrive Off (merah)
Jika salah satu lampu gagal menyala, bola lampu mungkin terbakar atau ada rangkaian yang terbuka di sistem elektrik. Periksakan segera sistem dan jika perlu perbaiki di dealer Nissan.

# Lampu Peringatan
  • Anti-Lock Braking System (ABS) Warning light (if equipment)\
Saat switch pengapian berada di posisi "ON", lampu peringatan Anti-Lock Braking System (ABS) menyala dan kemudian padam. Ini berarti ABS berfungsi.Jika lampu peringatan ABS menyala saat mesin beroperasi, atau saat sedang mengemudi, ini berarti ABS tidak beroperasi dengan benar. Periksakan sistem ke dealer Nissan.
Jika terjadi gangguan fungsi pada sistem ABS, fungsi sistem ABS akan di nonaktifkan. Sistem rem kemudian akan berfungsi normal, tetapi tanpa bantuan sistem ABS.
  • Lampu Peringatan Rem
Jika level minyak rem turun dibawah tanda minimum pada tangki minyak rem, jangan mengemudikan kendaraan hingga sistem rem diperiksa oleh dealer Nissan. Bahkan jika menurut anda kondisi tersebut aman, kendaraan anda tetap harus di derek karena mengemudi dapat membahayakan.
Menginjak pedal rem saat mesin tidak beroperasi dan/atau level minya rem rendah dapat menambah jarak pengereman, gerak main pedal dan tenaga yang dibutuhkan.

Lampu peringatan rem menginformasikan pengoperasian sistem rem tangan, level minyak rem rendah untuk rem dan Anti-Lock Braking System (ABS).

Lampu peringatan rem tangan :
Saat switch pengapian diputar ke posisi ON lampu peringatan rem menyala. Saat mesin di starter dan rem tangan dilepas, lampu peringatan rem akan padam.
Jika rem tangan tidak lepas penuh, lampu peringatan rem akan tetap menyala. Pastikan lampu peringatan rem telah padam sebelum mulai mengemudi.

Lampu peringatan minyak rem rendah :
Jika lampu peringatan rem menyala saat mesin beroperasi atau saat sedang mengemudi dan rem parkir dilepas, ini berarti level minyak rem rendah.
Jika lampu peringatan rem menyala saat sedang mengemudi, hentikan kendaraan dengan aman secepatnya. Matikan mesin dan periksa level minyak rem. Jika level minyak rem turun dibawah tanda minimum pada tangki, tambahkan minyak rem seperlunya. Jika level minyak rem cukup periksakan sistem rem secepatnya ke dealer Nissan terdekat.

Indikator peringatan Anti-Lock Braking System (ABS)
Saat rem tangan dilepas dan level minyak rem cukup, tetapi kedia lampu peringatan rem dan lampu peringatan anti-lock braking system (ABS) menyala, kemungkinan ABS tidak beroperasi dengan benar.

# Lampu peringatan pengisian baterai
Saat switch pengapian berada di posisi ON, lampu peringatan pengisian menyala. Setelah menstarter mesin, lampu peringatan pengisian akan padam, ini berarti sistem pengisian berfungsi.
Jika lampu peringatan pengisian menyala saat mesin beroperasi atau saat sedang mengemudi ini berarti sistem pengisian tidak beroperasi dengan benar dan membutuhkan perbaikan.
Jika lampu peringatan pengisian menyala saat sedang mengemudi, hentikan kendaraan dengan aman secepatnya. Matikan mesin dan periksa sabuk altenator, Jika sabuk altenator kendur, rusak atau hilang. sistem pengisian harus diperbaiki. Jika sabuk altenator terlihat berfungsi dengan benar, tetapi lampu peringatan pengisian tetap menyala, periksakan sistem pengisian di dealer Nissan secepatnya.
 Jangan Lanjutkan perjalanan jika sabuk altenator kendur, rusak atau hilang.

# Lampu peringatan Pinti terbuka
Saat switch pengapian berada di posisi ON, lampu peringatan pintu terbuka akan menyala jika ada pintu yang terbuka atau tidak tertutup dengan benar.

# Lampu peringatan power steering elektris
Saat switch pengapian berada di posisi ON, lampu peringatan power steering elektris menyala. Setelah menstarter mesin, lampu peringatan power steering elektris akan padam. Ini berarti sistem power steering elektris berfungsi.
Jika lampu peringatan power steering elektris menyala saat mesin beroperasi, atau saat sedang mengemudi, ini berarti sistem power steering elektris tidak beroperasi dengan benar dan harus diperbaiki. Periksakan sistem power steering elektris ke dealer Nissan.
Jika lampu peringatan power steering elektris menyala saat mesin beroperasi, dukungan power steering akan berhenti beroperasi, tetapi anda masih tetap dapat mengontrol kendaraan, pada saat seperti ini anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar untuk mengoperasikan roda kemudi. Terutama di tikungan tajam dan saat kecepatan rendah.

#Lampu peringatan tekanan oli mesin
Saat switch pengapian berada di posisi ON, lampu peringatan tekanan oli mesin menyala. Setelah menstarter mesin, lampu peringatan tekanan oli mesin akan padam, berarti sensor tekanan oli dibawah mesin berfungsi.
Jika lampu peringatan tekanan oli mesin menyala atau berkedip-kedip saat mesin beroperasi, ini berarti tekanan oli mesin rendah.
Hentikan kendaraan dengan aman dan secepatnya, matikan mesin segera dan hubungi dealer nissan.
!! Mengoperasikan mesin dengan lampu peringatan tekanan oli mesin menyala dapat mengakibatkan kerusakan serius.
Lampu peringatan tekanan oli mesin tdak didesain untuk menginformasikan level oli rendah. Level oli harus diperiksa menggunakan batang pengukur oli.

#Lampu peringatan suhu tinggi (merah)
saat switch pengapian berada di posisi ON, lampu peringatan suhu tinggi menyala dan kemudian padam. Ini berarti sensor suhu tinggi di sistem coolant mesin berfungsi.
Hati - hati :
Jika lampu peringatan suhu tinggi menyala atau berkedip saat mesin beroperasi, ini berarti suhu mesin sangat tinggi. Jika kendaraan terlalu panas, melanjutkan pengoperasian kendaraan dapat menimbulkan kerusakan serius pada mesin.

# Lampu peringatan kunci
Jika switch pengapian dtinggalkan diposisi OFF dan tidak diputar ke posisi Lock, lampu peringatan kunci akan berkedip mera dan terdengar bunyi peringatan. Lampu akan terus berkedip hingga switch pengapian kembali ke posisi Lock atau Acc.
Jika lampu peringatan kunci berkedip dan buzzer berbunyi, maka pastikan tuas selektor berada di posisi P/Parkir dan switch pengapian kembali ke posisi Lock, lalu putar switch pengapian ke posisi Acc.

# Lampu Peringatan sistem Intelligent Key
Lampu peringatan sistem Intelligent key menyala hijau jika switch pengapian dapat diputar. Lampu peringatan Intelligent key akan menyala merah jika switch pengapian tidak dapat diputar.
Lampu peringatan sistem Intelligent key akan berkedip merah jika Intelligent key dibawa keluar dari kendaraan saat pengapian dalam posisi ON atau ACC.
* Jika lampu sistem Intelligent key berkedip, periksa lokasi Intelligent key secepatnya. Intelligent key harus dibawa pengemudi selama berkendara.
* Lampu peringatan sistem Intelligent akan padam sekitar 10 detik setelah Intelligent key dibawa masuk ke dalam kendaraan.
Lampu peringatan sistem Intelligent key akan berkedip hijau untuk menginformasikan bahwa baterai Intelligent key hampir habis.

# Lampu peringatan airbag supplemental Restraint System (SRS)
Saat switch pengapian berada di posisi ON atau Start, lampu peringatan airbag SRS akan menyala selama sekitar 7 detik dan kemudian padam, ini berarti sistem airbag SRS berfungsi.
Jika salah satu kondisi berikut ini terjadi, sistem airbag SRS dan sabuk keselamatan pretensioner harus diperbaiki.
* Lampu peringatan airbag SRS tetap menyala setelah sekitar 7 detik.
* Lampu peringatan airbag SRS berkedip secara berkala
* Lampu peringatan airbag SRS sama sekali tidak menyala.
Jika tidak segera diperbaiki dan diperiksa, sistem airbag SRS dan/atau sabuk keselamatan pretensioner tidak akan dapat berfungsi dengan optimal.

CONT...

27 komentar:

  1. kalo lampu indikator keamanan (blink), (indikator lambang mobil warna merah) apa penyebabnya? Terimakasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tanya dh dapat ka apa jawapanya. sya juga ada masalah yg sama. tQ

      Hapus
  2. Klo lampu MIL menyala terus gitu knp ya?

    BalasHapus
  3. Klo lampu MIL menyala terus gitu knp ya?

    BalasHapus
  4. Pintu ane udah tertutup rapat tapi kenapa masih nyala yaa

    BalasHapus
  5. Lampu abs n lampu hand brek myala selepas pemanduan dlm satu kilometer akn kedengaran seolah2 abs sedang berkerja knp ye

    BalasHapus
  6. Lampu abs n lampu hand brek myala selepas pemanduan dlm satu kilometer akn kedengaran seolah2 abs sedang berkerja knp ye

    BalasHapus
  7. Mau tanya indikator lampu diatas kilometer nissan nyala kuning bulat kecil tandanya apa ya ? Tapi stetelah dimatikan dan di nyalain kembali indikatornya ngga nyala ( normal )

    BalasHapus
  8. Lampu indikator keamanan hidup terus tandanya apa ya

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Kl lampu ps apa ya pada spidometer

    BalasHapus
  11. Letak sekring lampu mundur Livina dimana ya...
    Trim`s

    BalasHapus
  12. Kalo indikator (PS) d grand livina itu indikator apa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mobil saya juga mati karena PS nih sekarang. Kenapa ya? Kaya ga bs di gas gitu. Dan ga mau nyala. Ada solusi ?

      Hapus
    2. Sama nih masalahnya... Kenapa ya?

      Hapus
    3. Saya juga plis bantu jawab..

      Hapus
    4. Iya sama. Livina 2014. Tiba2 nggak bisa digas. Abis itu tak matikan mesin kemudian nyalakan lagi. Baru normal.

      Hapus
  13. Lampu indikator kunci menyala terus pada saat mobil dlm keadaan terkunci knp y sebabnya?

    BalasHapus
  14. kalau lampu indikator keamanan berkedip terus ketika remote pada posisi gembok tertutup ditekan, artinya apa ya?

    BalasHapus
  15. Lampu pengisian nyala terus,pedahal alternator baru

    BalasHapus
  16. Apa arti lampu indikator sport menyala di speedometer grand livina

    BalasHapus
  17. Klo keyless lock lambang roda dan arah ke kiri ada tulisan lock menyala di atas lambang kunci itu pengamanan dan pengaruhnya apa yah ? Apa amanaman sajah. Thq

    BalasHapus
  18. Lampu hias ndikator keamanan menyala...kenapa

    BalasHapus
  19. Lampu gambar mobil menyala saat terkunci apa nya.

    BalasHapus
  20. Di indikator ada tulisan sp itu apa ya

    BalasHapus