Selasa, 04 Maret 2014

Sistem Sabuk pengaman Pretensioner

  • Sabuk keselamatan pretensioner yang sudah diaktifkan tidak dapat digunakan lagi. Penggantian harus dilakukan secara menyeluruh pada pretensioner, retraktor dan kepala sabuk.
  • Jika kendaraan mengalami tabrakan, tetapi pretensioner tidak diaktifkan, pastikan anda memeriksa sistem pretensioner sabuk. Jika perlu, lakukan penggantian di dealer Nissan.
  • Jangan lakukan modifikasi komponen atau kabel apapun pada sistem sabuk keselamatan pretensioner, karena dapat menyebabkan pengaktifan sabuk keselamatan pretensioner secara tidak sengaja atau kerusakan sistem sabuk keselamatan pretensioner.
  • Pekerjaan di sekeliling atau pada sistem sabuk keselamatan pretensioner harus dilakukan oleh dealer Nissan. Kabel SRS tidak boleh di modifikasi atau diputus. Perlengkapan tes listrik dan alat penguji yang tidak direkomendasikan tidak boleh digunakan pada sistem sabuk keselamatan pretensioner.
  • Jika anda harus melepas sistem sabuk keselamatan pretensioner dari kendaraan, hubungi dealer Nissan. Prosedur melepas pretensioner yang benar sudah tercantum di Nissan Service Manual yang relevan. Prosedur melepas yang salah dapat mengakibatkan cedera.
Pretensioner, retraktor, dan jangkar sabuk ditempatkan dalam sebuah unit. Sabuk keselamatan ini digunakan sama seperti sabuk keselamatan konvensional. Saat sabuk keselamatan pretensioner diaktifkan akan terdengar suara yang cukup keras, diikuti dengan munculnya asap. Asap ini tidak berbahaya dan bukanlah indikasi adanya api atau kebakaran. Hati-hati jangan sampai menghirup asap, karena dapat mengakibatkan iritasi dan membuat anda tersedak. Penumpang yang pernah mengalami masalah gangguan pernafasan harus segera menghirup udara segar.

PROSEDUR REPARASI DAN PENGGANTIAN
  • Jika airbag sudag mengembang, modul airbag tidak akan berfungsi lagi dan harus diganti di dealer Nissan. Modul airbag yang sudah mengembang tidak dapat di reparasi.
  • Sistem airbag harus diperiksa oleh dealer Nissan jika terjadi kerusakan pada bagian depan atau samping kendaraan.
  • Jika anda harus melepas SRS dari kendaraan, hubungi dealer Nissan. Prosedur melepas yang benar sudah tercantum di Nissan Service Manual yang relevan. Prosedur melepas yang salah dapat mengakibatkan cedera.
Airbag dan sabuk keselamatan pretensioner didesain hanya untuk satu kali pengaktifan. Sebagai pengingat, lampu peringatan airbag SRS akan tetap menyala setelah pengembangan airbag (kecuali jika lampu peringatan rusak). Reparasi dan penggantian SRS hanya boleh dilakukan oleh dealer Nissan.
Saat pekerjaan perawatan harus dilakukan pada kendaraan, informasi tentang airbag, sabuk keselamatan pretensioner dan komponen-komponen yang terkait harus diberitahukan kepada teknisi yang melakukan pekerjaan perawatan. Switch pengapian harus selalu berada di posisi LOCK saat bekerja dibawah kap mesin atau di dalam kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar